Sirsak

Manfaat Buah Sirsak

Buah Sirsak biasa disebut juga Nangka Belanda karena pada abad ke 19 didatangkan oleh Kolonial Belanda ke Nusantara. Sebenarnya buah Sirsak berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ada juga yang menyebutnya Nangka Burik, Nangka Sebrang dan Srikaya Jawa, sedangkan nama latinnya adalah Annona muricata.

Buah Sirsak yang tua dan matang rasanya manis-manis kecut sehingga terasa segar. Selain daging buah Sirsak dapat dimakan langsung enak juga dibuat jus.

Buah Sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya :

1. Buah Sirsak mengandung asam askorbat yang dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Asam ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan membantu menjaga segala infeksi

2. Buah Sirsak paling kaya vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram. Setiap orang butuh 60 mg vitamin C per hari, berarti kebutuhan vitamin C setiap orang perhari dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang tinggi ini bersifat antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

3. Buah Sirsak memiliki mineral yang cukup dominan yaitu fosfor 27 mg/100g dan kalsium 14 mg/100g. Kedua mineral ini membantu pembentukan masa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat dan menghambat osteoporosis.

4. Buah Sirsak banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan selera makan, pengobatan batu empedu, asam urat, dan. Antisembelit. Karena kandungan seratnya cukup tinggi maka buah Sirsak juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit.

5. Buah Sirsak dapat mengatasi penyakit ginjal, masalah hati, infeksi saluran kemih (juga disebut sebagai uretritis) dan hematuria (atau darah dalam urin) bila minum Jus buah Sirsak 2 kali sehari.

6. Daging buah Sirsak bila ditempelkan pada luka akan mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi bakteri.

7. Rebusan bunga sirsak dan tunas muda dapat menyembuhkan peradangan pada sinus, tenggorokan dan hidung.

8. Buah Sirsak dapat digunakan untuk obat batuk, demam, diare, dan pencernaan.

Cara Pengobatan dengan Buah Sirsak

Mencret
Buah-Sirsak dimasak, diperas dan disaring untuk diambil airnya kemudian diminum sebanyak 2-3 sendok makan.

Ambeien
Buah-Sirsak dimasak, diperas dan disaring untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Anyang-anyangen
Buah Sirsak dikupas dan direbus dengan gula dan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

Sakit Kandung Air Seni
Buah Sirsak dikupas dan direbus dengan gula, garam dan air secukupnya. Dimakan secara rutin setiap hari selama 7 hari.

Penyakit Liver
Puasa makanan lain, hanya minum juice sirsak selama 1 minggu.


Daun Sirsak
Daun sirsak mengandung acetogenins, sangat kuat untuk mengatasi kanker. Berbagai penelitian di dalam dan luar negeri menunjukkan ekstrak daun sirsak menghambat pertumbuhan kanker, antara lain kanker payudara, prostat, paru-paru, dan serviks. Selain itu daun sirsak bersifat antibakteri, antifungi, efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

Pengobatan Kanker
Daun Sirsak mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: prostat, pankreas, dan paru-paru.

10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak bersifat seperti kemoterapi, bahkan lebih baik karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.

Sakit Pinggang dan Punggung
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

Eksim dan Rematik
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit.

Penyakit Katarak
Bunga sirsak dapat digunakan utk menyembuhkan katarak.

Bisul
Tumbuk daun sirsak bersama air dan tempelkan sampai menutup bisul.

Jerawat
Tumbuk daun sirsak bersama air mawar dan usapkan pada kulit akan mencegah terjadinya jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya.

Kutu Kepala
Kutu kepala akan hilang dengan keramas menggunakan rebusan daun sirsak.






Tinggalkan Pesan Anda Disini